dg0kK7z4hBqCLDVmtdPEXSsEQoHeMBlGLRgNyHZQ

Cerita Dari Pesisir Tanakeke

SERIUSPol: Belajar Politik Berpendekatan Tak Seperti Biasanya

SERIUSPol, adanya merupakan pengembangan dari Sekolah Riset Politik (SeRi Politika) sebelumnya di Sekolah Riset Satukata. Sekolah Riset Diskursus dan Analisa Politik ini adalah kelas pengantar untuk riset politik berpendekatan tak seperti biasanya. Politik dimaknai secara berbeda dari sebagaimana yang terjadi. Politik bukan hanya soal pemilihan dan pemungutan suara, tapi lebih luas itu dan semua orang bisa menelitinya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk mulai dan pada diri sendiri. 

SeRi Politika pada mulanya diselenggarakan secara offline. Saat itu kami bekerjasama dengan Labhauss, pada bulan Februari 2020, SeRi Politika diikuti oleh 7 orang peserta dari Bekasi, Blitar, Lombok, Purwokerto dan Yogyakarta. Namun, situasi pandemik tidak memungkinkan pelaksanaannya dengan media yang sama. Oleh karena itu, SeRi Politika diselenggarakan secara daring dan semakin mengerucutkan kajiannya pada diskursus dan analisa politik, disingkat SERIUSPol. 

Pilihan ini mendatangkan 21 peserta dari Jakarta, Yogyakarta, Lampung, Samarinda, Malang, Bogor, Palangkaraya, Banten, Karawang, Bandung, Bekasi, Cibinong, Klaten, Aceh, Tangerang dalam ruang kelas Zoom. Kali ini kami bekerjasama dengan Center for Decentralization and Participatory Development Research Universitas Padjadjaran Bandung. Ada peserta yang mengambil kelas paket dan ada peserta yang memutuskan ikut per pertemuan. Fleksibilitas kelas kami berikan kepada peserta agar dapat mengakomodir semangat belajar di tengah segala kondisi yang dialami saat COVID-19. Meskipun demikian, bobot materi dan durasi pertemuan tetap sama, yaitu 24 jam untuk paket dan 2 jam per pertemuan. Seperti kelas Sekolah Riset Satukata lainnya, akademisi dan aktivis selalu dapat bertemu, bersapa dan bertarung argumen serta saling belajar dalam kelas. Dua belas (12) kali pertemuan telah dilalui. “Tak terasa”, celetuk fasilitator dan peserta dalam kelas. 

Kelas lanjutan diharapkan adanya oleh peserta. Ternyata, empat (4) SKS kelas SERIUSPol yang dilaksanakan 2 kali 1 minggu setiap hari Senin dan Sabtu pukul 15:30-17:30 WIB sejak tanggal 12 Oktober hingga 21 November 2020, masih belum cukup. Kebutuhan akan media belajar bersama tentang diskursus dan analisa politik ini adalah kehausan para peserta dalam kecakapan riset politik. Hal ini adalah spirit kelas ini diluncurkan, terutama saat pandemik. SERIUSPol terbukti dapat menunjukkan #belajardarirumah atau #studyfromhome dapat dilakukan saat wabah COVID 19 melanda dunia ini. Kelas ini juga dapat mempertemukan dan menjembatani dua dunia yang terkotak-kotak dalam berpengetahuan. Nah, pada akhir kelas ini peserta diminta menuliskan Esai Pendek tentang apa yang diketahui dan hal paling menarik darinya. Tulisan ini ditujukan sebagai media refleksi dan publikasi atas perhatian selama di dalam kelas. Kelas SERIUSPol serupa akan kami buka lagi pada 11 Januari 2021. [MT]
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar