dg0kK7z4hBqCLDVmtdPEXSsEQoHeMBlGLRgNyHZQ

Sekolah Riset Perempuan, Kekuasaan dan Politik

PENYULUHAN PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DENGAN METODE TRANSFORMASI KONFLIK

 


Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dengan tujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat. Pada bulan Mei 2023, tim pengabdi dari Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, telah melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian yang berjudul “Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan Metode Transformasi Konflik”. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meminimalisir munculnya kekerasan dalam rumah tangga dan menjaga keharmonisan dalam keluarga. Pengabdian ini dilaksanakan di Padukuhan Tanjung, Kalurahan Wukirsari, Kabupaten Sleman. Terselenggaranya pengabdian ini didukung oleh pendanaan dari DIPA FIS UNNES tahun 2023. Kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari MBKM Riset yang bekerjasama dengan mitra Sekolah Riset Satukata Yogyakarta.

Pengabdian ini dilaksanakan dalam 3 tahap pada bulan Mei 2023 dengan peserta ibu-ibu rumah tangga di Padukuhan Tanjung. Setiap tahap terdapat agenda yang berbeda untuk mengarahkan kegiatan pengabdian pada tujuan yang sudah ditentukan. Ketiga tahap tersebut yaitu melakukan penggalian mengenai dinamika kehidupan rumah tangga, Kategorisasi Permasalahan rumah tangga, dan Penemuan solusi atas permasalahan rumah tangga.

Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2023 pukul 13.00 WIB. Dalam kegiatan ini tim pengabdi melakukan sosialisasi mengenai identifikasi dinamika kehidupan rumah tangga. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Tim Pengabdi yaitu Dra. Rini Iswari, M.Si., yang diwakili oleh Asma Luthfi, S.Th.I., M.Hum dari Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES. Terlebih dahulu, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan harapan ketika berumah tangga dan dinamika yang dialami dalam berumah tangga. Di tahap pertama ini peserta hadir sekitar 11 orang dan menghasilkan sebuah surat harapan dituliskan dalam selembar kertas yang sudah disediakan. Sebelum peserta diminta untuk menuliskan harapan pemantik sekaligus pemandu dalam kegiatan ini yaitu Ibu Muryana, S.Th.I., M.Hum. dari Sekolah Riset Satukata Yogyakarta memberikan sedikit pengantar untuk membawa peserta untuk mengungkapkan segala keluh kesahnya di dalam rumah tangga. Kemudian, pemandu memberikan respon sekaligus meminta peserta untuk menuliskan harapan yang mereka punya di dalam rumah tangganya.

   Kegiatan selanjutnya yaitu tahap kedua pada tanggal 20 Mei  2023 pada pukul 13.00 WIB, tim pengabdian melakukan kategorisasi permasalahan yang dilakukan menggunakan metode permainan ular tangga. Setiap peserta akan diberikan kesempatan untuk ikut bermain dalam permainan ular tangga tersebut dan yang menjadi poin pentingnya adalah di dalam permainan ular tangga terdapat pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, tantangan yang harus dilakukan, dan pesan yang harus dibacakan. Ketiga hal itu berkaitan dengan permasalahan di dalam rumah. Seperti biasa acara tersebut berjalan dengan lancar dengan peserta 12 ibu-ibu.  

Kemudian, tahap terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2023 pukul 13.00 WIB yaitu menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Dalam tahap ini tim pengabdian membingkai acara dengan menggunakan metode role play. Pertama peserta diminta dibagi menjadi tiga kelompok dengan masing-masing kelompok terdapat 4 anggota. Setelah itu, peserta dipandu oleh Ibu Muryana, S.Th.I., M.Hum untuk mengungkapkan Harapan Rumah Tangga yang tidak Sesuai dengan Kenyataan Rumah Tangga (Masalah). Untuk mendiskusikan hal itu kami memberikan waktu sekitar sepuluh menit dan kemudian nanti dari dari apa yang diungkapkan di kelompoknya masing-masing dijadikan drama. Drama yang dibuat tersebut harus mengandung permasalahan dan solusi di akhir drama.

Tiga kelompok sudah berhasil membuat drama dan masing-masing terdapat permasalahan yang berbeda-beda. Kelompok pertama permasalahan mengenai suami yang marah-marah sehabis pulang kerja. Suami marah karena sang istri belum menyiapkan makanan untuk suaminya ketika pulang kerja dan solusi yang diberikan adalah sang istri membelikan makanan di luar sekaligus merayunya dengan membuat kopi. Kemudian kelompok kedua membuat drama tentang suami yang selalu tidur sehabis sholat subuh dan solusi yang diberikan adalah ikhlas, sabar, dan mendoakan agar suami dapat berubah. Hal itu karena menurut mereka doa adalah solusi terbaik. Terakhir, kelompok ketiga menyajikan drama tentang suami terus bermain handphone dan seperti biasa mereka hanya sabar dan ikhlas menghadapi hal itu. Akan tetapi, ibu-ibu juga memberikan contoh solusi dengan mengajak suaminya yang main handphone terus untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Akhir dari pengabdian ini di tahap ketiga pemandu yaitu Muryana, S.Th.I., M.Hum memberikan kesimpulan-kesimpulan untuk memperjelas solusi-solusi yang bisa dilakukan dalam menghadapi permasalahan rumah tangga. Selain itu juga peserta diberikan waktu untuk tanya jawab mengenai apa yang sedang dihadapinya di rumah tangga mereka, acara ditutup dengan mengungkapkan pesan dan kesan tentang acara serta rencana belajar selanjutnya dan diakhiri dengan foto bersama.

 


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar